Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Guru MI Way Kanan Sangat Kuat


BANDAR LAMPUNG (Lampost.co) — Pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-kabupaten Way Kanan sangat kuat. Pengaruh budaya itu mencapai 99,2%, di atas pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap budaya organisasi dan komitmen kerja guru yang hanya 64,4% dan 68%, serta pengaruh lainnya.

Hal ini diungkapkan Ismail Fahmi pada ujian Doktor (S3) yang berlangsung di kampus Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung, Selasa (23/10/2018). Ismail Fahmi merupakan mahasiswa Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN.

Pada ujian, Ismail Fahmi diuji oleh Rektor UIN, Moh Mukri (Ketua) dan penguji lain yang terdiri atas Nirva Diana, Idham Kholid, Yetri, Yuberti, Sulthan Syahrir, serta Sekretaris M Akmansyah.

Ismail Fahmi mengatakan pengaruh budaya tersebut didapatnya berdasarkan hasil penelitian di 38 MI negeri dan swasta dengan melibatkan 195 guru sebagai sampel dari 448 polulasi guru MI di Way Kanan.

Menurut dia, pengaruh budaya yang mencapai 99,2% tersebut akibat dari dorongan dan semangat kerja yang tinggi serta sungguh-sungguh dalam melakukan perkerjaan sesuai dengan tanggung jawabnya.

“Saya melihat pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen guru semakin kuat dampak dari semangat guru dalam melaksanakan tanggung jawab dalam bekerja. Hasil ini berdasarkan penelitian yang saya lakukan di 38 MI di Way Kanan,” ujar dia.

Sedangkan hasil penelitiannya pada keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap budaya organisasi menyumbang 64,4%, sedangkan keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap komitmen guru hanya menyumbang 68%.

“Dari sejumlah penelitian yang saya lakukan, pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen kerja guru memiliki pengaruh cukup kuat dibandingkan yang lain. Namun faktor dominannya terdapat pada pengaruh komitmen kerja guru yaitu 77,2%,” kata dia.

Disertasi yang diujikannya Ismail Fahmi dihadapan tim penguji berjudul Manajemen Kinerja Madrasah (Studi tentang Kontribusi Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah, Budaya Organisasi, dan Komitmen Kerja Guru terhadap Kinerja Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Way Kanan).

***

Dilansir dari Lampost.co